ProfileStruktur OrganisasiSistem Kerja

Tentang Perusahaan

CV. Margin Orisinal Bisnis ( MO Clean ) berdiri pada 06 Febuari 2014, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pemeliharaan gedung dengan didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman di jasa kebersihan.

Jasa yang kami sediakan terbagi menjadi 2 (dua) yaitu:

Jasa utama meliputi:

  • Cleaning service (Regular Cleaning, General Cleaning/deep cleaning, Granit/marble renewal, Landscaping.

Jasa pendukung meliputi:

  • Swimming pool & Fountain maintenance
  • Garbage removal (pembuangan sampah keluar gedung)
  • Office support/0ffice Boy/Office Gril
  • Pest Control
  • Hygine & Sanitation

CV. Margin Orisinal Bisnis ( MO Clean ) menanamkan budaya SMART dalam rangka mewujudkan budaya pelayanan sepenuh Hati.

Senyum, salam, sapa
Menarik sepanjang hari
Antusias dalam berbicara
Responsif menangani keluhan
Terampil meningkatkan diri

Visi, Misi & Motto

Visi

Menjadi perusahaan pemeliharaan gedung unggulan yang mampu member nilai tambah yang menguntungkan kepada pelanggan, perusahaan dan karyawan dengan menerapkan konsep pelayanan sepenuh hati.

Misi

  • Mengutamakan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan dan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM)
  • pelatihan terpadu (Integrated TrainingProgram)
  • Menciptakan ruang lingkup kerja yang persuasif, harmonis, dan humanis
  • Menggunakan bahan kimia yang ramah lingkungan

Motto

Melayani dengan sepenuh hati demi tercapainya kepuasan konsumen.

struktur-perusahaan-cv-margin-orisinal-bisnis

Operation Manager
Bertangung jawab terhadap keseluruhan operational proyek.

Area Coordinator
Bertanggung jawab terhadap operational beberapa area proyek atau Sekitar 150 – 500personil.

Chief Supervisor
Bertanggung jawab terhadap operational satu proyek atau membawahi hingga 50 – 150 personil.

Supervisor
Bertanggung jawab terhadap operational satu proyek atau membawahi Hingga 25 – 50 personil.

Team Leader
Bertanggung jawab dalam sebuah proyek atau membawahi hingga 25 personil.

Cleaner / Gardener
Bertanggung jawab terhadap kebersihan/kerapihan area sesuai dengan ploting.

Mekanisme Pengawasan

Mekanisme pengawasan adalah pengawasan secara berlapis dan berurutan sesuai dengan jabatan, selengkapnya terlihat dalam flow chart dibawah ini :

Direktur operational > General Manager > Manager Operational > Quality Control HO > Chief/Supervisor > Team Leader > Operator/Cleaner

Sistem Kerja

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)

Standar Operating Procedure (SOP) dibuat sebagai acuan dari pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Setiap pekerjaan yang dilaksanakan harus berpedoman dengan SOP. SOP merupakan langkah-langkah secara urut dan terperinci mengenai bagaimana melaksanakan suatu pekerjaan/Kegiatan. SOP Cleaning (Dusting, Sweeping, Mopping, Marble crystallization, dll) SOP Administrasi (Sistem administrasi proyek, system penggajian, dll.)

PROGRAM KERJA

Setiap pekerjaan yang dilakukan dalam pelaksanaannya didasarkan kepada program kerja yang terencana. Setiap proyek akandibuatkan Program Kerja baik tahunan, bulanan, mingguan, maupun harian yang akan diserahkan kepada pihak manajemen gedung untuk mendapat persetujuan. Kemudian, setiap hari, minguan, bulanan maupun tahunan akan dilaporkan pelaksanaan Program Kerja kepada pihak manajemen gedung.

Program kerja dibagi menjadi 2 (dua) bagian:

a. Program Kerja Harian
Merupakan pekerjaan yang dilakukan secara rutin setiap hari, contohnya: pembersihan toilet, pembersihan lantai,penbersihan ruang kantor, dll

b. Program kerja berjangka
Merupakan pekerjaan yang dikerjakan hanya dalam waktu-waktu tertentu seperti mingguan, bulanan, dll. Contohnya: kristalisasi lantai marmer/granit, pencucian karpet, pembersihan kaca luar gedung, pembersihan kanopi, dll.

Recruitment & Training

Recruitment

Penyaringan karyawan dilakukan dengan cara sangat selektif, harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Lulus tes sesuai tingkat jabatan
  • Berpenampilan menarik
  • Tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria
  • Tidak bertato
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak tersangkut narkoba dan tidak mengindap penyakit menular, AIDS, dll
  • Berkelakuan baik (melampirkan SKCK dari kepolisian)
  • Tidak terikat kerja dengan perusahaan lain
  • Pendidikan minimal SLTP untuk cleaner Diutamakan berpengalaman

Training & Development

Setiap karyawan yang sudah ditempatkan dipastikan mendapat pelatihan dengan system “Integrated Training Program” yangdibagi menjadi lima kategori yaitu :

  • Executive Management Training
  • Management Training
  • Technical Training
  • Personal Development Training
  • Customer Service Training

Standar Penampilan

Penampilan menunjukan citra pribadi. Penampilan karyawan merupakan bagian penting dari kualitas pelayanan prima. Karena itu kami membuat standar penampilan yang akan dilakukan secara konsisten yaitu:

  • Rambut rapi dan tidak gondrong untuk pria, memakai hairnet dan penjepit rambut warna hitam untuk wanita
  • Tidak di izinkan memakai make up maupun aksesoris berlebihan
  • Pria tidak berkumis, berjenggot dan berjambang
  • Tidak bau badan
  • Pakaian seragam bersih, disetrika rapi, sesuai dengan badan dan tidak rusak
  • Memakai sepatu seragam, bersih dan tidak rusak
  • Memakai kaos kaki warna gelap
  • Memakai name tag
  • Tidak memakai gelang, anting (untuk pria), kalung dan cincin kecuali cincin pernikahan

Sistem Operasional

1. Struktur Organisasi Perusahaan
2. Recruitment & Training
3. Standar Penampilan

4. Sistem Kerja

  • Standar Operating Procedure (SOP)
  • Program Kerja
  • Standar Kualitas Hasil Kerja
  • Chemical + MSDS
  • Mesin dan Peralatan

5. Sistem Pengawasan

  • Mekanisme Pengawasan
  • Form Pengawasan
LEGALITAS PERUSAHAAN 
SIUP : 15584-04/PM/1.824.271 
TDP : 09.03.3.46.11381 
NPWP : 66.807.089.9.016.000